Sabtu, 22 September 2012

sifat-sifat pengerjaan hitungan pada bilangan bulat


A.Sifat-SifatPengerjaanHitungpadaBilanganBulatSifat-sifatpengerjaanhitungpadabilanganbulatyangakandipelajarisifatkomutatif,asosiatif,dandistributif.Mungkinkamupernahmenggunakansifat-sifattersebut,tetapibelumtahunamasifat-sifatnya.Sebenarnyasepertiapasifat-sifatitu?Cobaperhatikanpenjelasanberikut.1.SifatKomutatif(Pertukaran)a.SifatkomutatifpadapenjumlahanAndimempunyai5kelerengberwarnamerahdan3kelerengberwarnahitam.Budimempunyai3kelerengberwarnamerahdan5kelerengberwarnahitam.SamakahjumlahkelerengyangdimilikiAndidanBudi?Perhatikangambar.TernyatajumlahkelerengAndisamadenganjumlahkelerengBudi.Jadi,5+3=3+5.Carapenjumlahansepertiinimenggunakansifatkomutatif.Secaraumum,sifatkomutatifpadapenjumlahandapatditulissebagaiberikut.a+b=b+adenganadanbsembarangbilanganbulat.b.SifatkomutatifpadaperkalianJumlahkelerengAndidanBudisama,yaitu8butir.KelerengAndidimasukkankeempatkantongplastik.Setiapkantongberisi2butir.KelerengBudidimasukkankeduakantongplastik.Setiapkantongberisi4butir.KelerengAndidanBudidapatditulissebagaiberikut.KelerengAndi=2+2+2+2=4×2=8KelerengBudi=4+4=2×4=8Jadi,4×2=2×4.Caraperkaliansepertiinimenggunakansifatkomutatifpadaperkalian.Secaraumum,sifatkomutatifpadaperkaliandapatditulis:a×b=b×a
denganadanbsembarangbilanganbulat.2.SifatAsosiatif(Pengelompokan)a.SifatasosiatifpadapenjumlahanAndimempunyai2kotakberisikelereng.KotakIberisi3kelerengmerahdan2kelerenghitam.KotakIIberisi4kelerengputih.Budijugamempunyai2kotakberisikelereng.KotakIberisi3kelerengmerah.KotakIIberisi2kelerenghitamdan4kelerengputih.SamakahjumlahkelerengyangdimilikiAndidanBudi?Perhatikangambar.TernyatajumlahkelerengyangdimilikiAndisamadenganjumlahkelerengyangdimilikiBudi.Jadi,(3+2)+4=3+(2+4).Carapenjumlahansepertiinimenggunakansifatasosiatifpadapenjumlahan.Secaraumum,sifatasosiatifpadapenjumlahandapatditulis:(a+b)+c=a+(b+c)dengana,b,dancsembarangbilanganbulat.b.SifatasosiatifpadaperkalianAndimempunyai2kotakmainan.Setiapkotakdiisi3bungkuskelereng.Setiapbungkusberisi4butirkelereng.BerapajumlahkelerengAndi?AdaduacarayangdapatdigunakanuntukmenghitungjumlahkelerengAndi.Carapertamamenghitungbanyakbungkus.Kemudian,hasilnyadikalikanbanyakkelerengtiapbungkus.Banyakbungkus×banyakkelerengtiapbungkus=(3bungkus+3bungkus)×4butir=(3+3)×4=(2×3)×4=24butirCarakeduamenghitungbanyakkelerengsetiapkotaknyadahulukemudianhasilnyadikalikanbanyakkotak.Banyakkotak×banyakkelereng=2×(4+4+4)=2×(3×4)=24butirPerhitungancaraI:(2×3)×4.PerhitungancaraII:2×(3×4).Hasilperhitungandengankeduacaraadalahsama.Jadi,(2×3)×4=2×(3×4).Caraperkaliansepertiinimenggunakansifatasosiatifpadaperkalian.Secaraumum,sifatasosiatifpadaperkaliandapatditulis:
Post Comment

Materi mtk — Document Transcript

  • 1. A. Sifat-Sifat Pengerjaan Hitung padaBilangan BulatSifat-sifat pengerjaan hitung pada bilangan bulat yang akan dipelajari sifat komutatif,asosiatif, dan distributif. Mungkin kamu pernah menggunakan sifat-sifat tersebut, tetapibelum tahu nama sifat-sifatnya. Sebenarnya seperti apa sifat-sifat itu?Coba perhatikan penjelasan berikut.1.Sifat Komutatif (Pertukaran)a.Sifat komutatif pada penjumlahanAndi mempunyai 5 kelereng berwarna merah dan 3kelereng berwarna hitam. Budi mempunyai 3 kelereng berwarna merah dan 5 kelerengberwarna hitam. Samakah jumlah kelereng yang dimiliki Andi dan Budi?Perhatikan gambar.Ternyata jumlah kelereng Andi sama dengan jumlah kelereng Budi.Jadi, 5 + 3 = 3 + 5.Cara penjumlahan seperti ini menggunakan sifat komutatif.Secara umum, sifat komutatif pada penjumlahan dapat ditulis sebagai berikut.a+b=b+adengan a dan b sembarang bilangan bulat.b. Sifat komutatif pada perkalianJumlah kelereng Andi dan Budi sama, yaitu 8 butir. Kelereng Andi dimasukkan ke empatkantong plastik. Setiap kantong berisi 2 butir.Kelereng Budi dimasukkan ke dua kantong plastik. Setiap kantong berisi 4 butir.Kelereng Andi dan Budi dapat ditulis sebagai berikut. Kelereng Andi = 2 + 2 + 2 + 2=4×2=8Kelereng Budi = 4 + 4=2×4=8Jadi, 4 × 2 = 2 × 4.Cara perkalian seperti ini menggunakan sifat komutatif pada perkalian.Secara umum, sifat komutatif pada perkalian dapat ditulis:a×b=b×a
  • 2. dengan a dan b sembarang bilangan bulat.2. Sifat Asosiatif (Pengelompokan)a. Sifat asosiatif pada penjumlahanAndi mempunyai 2 kotak berisi kelereng. Kotak Iberisi 3 kelereng merah dan 2 kelereng hitam. KotakII berisi 4 kelereng putih. Budi juga mempunyai 2 kotak berisi kelereng. Kotak I berisi 3kelereng merah. Kotak II berisi 2 kelereng hitam dan 4 kelereng putih.Samakah jumlah kelereng yang dimiliki Andi danBudi?Perhatikan gambar.Ternyata jumlah kelereng yang dimiliki Andi sama dengan jumlah kelereng yang dimilikiBudi.Jadi, (3 + 2) + 4 = 3 + (2 + 4).Cara penjumlahan seperti ini menggunakan sifat asosiatif pada penjumlahan.Secara umum, sifat asosiatif pada penjumlahan dapat ditulis:(a + b) + c = a + (b + c)dengan a, b, dan c sembarang bilangan bulat.b. Sifat asosiatif pada perkalianAndi mempunyai 2 kotak mainan. Setiap kotak diisi3 bungkus kelereng. Setiap bungkus berisi4 butir kelereng. Berapa jumlah kelereng Andi?Ada dua cara yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah kelereng Andi.Cara pertama menghitung banyak bungkus. Kemudian, hasilnya dikalikan banyak kelerengtiap bungkus.Banyak bungkus × banyak kelereng tiap bungkus= (3 bungkus + 3 bungkus) × 4 butir= (3 + 3) × 4= (2 × 3) × 4 = 24 butirCara kedua menghitung banyak kelereng setiap kotaknya dahulu kemudian hasilnya dikalikanbanyak kotak.Banyak kotak × banyak kelereng= 2 × (4 + 4 + 4)= 2 × (3 × 4) = 24 butirPerhitungan cara I: (2 × 3) × 4. Perhitungan cara II: 2 × (3 × 4).Hasil perhitungan dengan kedua cara adalah sama. Jadi, (2 × 3) × 4 = 2 × (3 × 4).Cara perkalian seperti ini menggunakan sifat asosiatif pada perkalian.Secara umum, sifat asosiatif pada perkalian dapat ditulis:
  • 3. (a × b) × c = a × (b × c)dengan a, b, dan c bilangan bulat.c. Sifat Distributif (Penyebaran)a. (3 × 4) + (3 × 6) = 3 × (4 + 6)Angka pengali disatukan3 × 4 dan 3 × 6mempunyai angka pengali yang sama, yaitu 3yang menggunakan sifat distributif.Benarkah bahwa (5 × 13)– (5 × 3) = 5 × (13 – 3)?Penghitungan dilakukan dengan cara menjumlah kedua angka yang dikalikan (4 + 6).Kemudian hasilnya dikalikan dengan angka pengali (3).3 × (4 + 6) = 3 × 10 = 30. Mengapa cara ini digunakan.Karena menghitung 3 × (4 + 6) = 3 × 10 lebih mudah daripada menghitung (3 × 4) + (3 × 6).(5 × 13) – (5 × 3) mempunyai angka pengali yang sama, yaitu 5.Angka pengali disatukan menjadi 5 × (13 – 3). Diperoleh:(5 × 13) – (5 × 3) = 5 × (13 – 3) Contoh di atas merupakan pengurangan dengan sifatdistributif.b.15 × (10 + 2) = (15 × 10) + (15 × 2)Angka pengali dipisahkan15 × (10 + 2) mempunyai angka pengali 15Penghitungan dilakukan dengan cara kedua angkayang dijumlah (10 dan 2) masing-masing dikalikan dengan angka pengali (15), kemudianhasilnya dijumlahkan.15 × (10 + 2) = (15 × 10) + (15 × 2)= 150 + 30= 180Cara ini juga untuk mempermudah penghitungan karena menghitung (15 × 10) + (15 × 2) =150 + 30 lebih mudah daripada menghitung 15 × (10 + 2)= 15 × 12.
  • 4. Cara penghitungan seperti di atas menggunakan sifat distributif pada penjumlahan danpengurangan. Secara umum, sifat distributif pada penjumlahan dan pengurangan dapatditulis:a × (b + c) = (a × b) + (a × c)a × (b – c) = (a × b) – (a × c)dengan a, b, dan c bilangan bulat4. Menggunakan Sifat Komutatif, Asosiatif,dan DistributifSifat komutatif, asosiatif, dan distributif dapat digunakan untuk memudahkan perhitungan.Perhatikan contoh berikut.1. Menghitung 5 × 3 × 6Cara 1:5×3×6=5×6×3= (5 × 6) × 3= 30 × 3= 90Menggunakan sifat komutatif, yaitu menukar letak angka 3 dengan 6.Menggunakan sifat asosiatif, yaitu mengalikan 5dengan 6 terlebih dahulu agar mudah menghitungnya.Cara 2:5×3×6=3×5×6= 3 × (5 × 6)= 3 × 30= 902.Menghitung 8 × 45Menggunakan sifat komutatif, yaitu menukar letak angka 3 dengan 5.Menggunakan sifat asosiatif, yaitu mengalikan 5dengan 6 terlebih dahulu agar mudah menghitungnya.Cara 1: menggunakan sifat distributif pada penjumlahan8 × 45 = 8 × (40 + 5)= (8 × 40) + (8 × 5)= 320 + 40= 360Cara 2: menggunakan sifat distributif pada pengurangan8 × 45 = 8 × (50 – 5)= (8 × 50) – (8 × 5)= 400 – 40
  • 5. = 360B. Menaksir Hasil Pengerjaan HitungDua Bilangan1.MenaksirHasilPenjumlahandanPenguranganMenaksir hasil penjumlahan atau pengurangan dua bilangan berarti memperkirakan hasilpenjumlahan atau pengurangan dari kedua bilangan tersebut. Caranya dengan membulatkankedua bilangan kemudian hasil pembulatan tersebut dijumlahkan atau dikurangkan.Perhatikan contoh berikut.a. Tentukan taksiran ke puluhan terdekat dari 53 + 79Langkah pertama, bulatkan setiap bilangan ke puluhan terdekat. Caranya sebagai berikut.Perhatikan angka satuannya. Jika satuannya kurang dari 5 dibulatkan ke nol. Jika satuannyalebih atau sama dengan 5 dibulatkan ke 10.5 3 50 + 0 = 50kurang dari 5dibulatkan menjadi 0Berarti 53 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 50.7 9 70 + 10 = 80lebih dari 5dibulatkan menjadi 10Di kelas IV kamu sudah belajar membulatkan bilangan.Pada pembulatan ke satuan terdekat.Angka persepuluhan (desimal) kurang dari 0,5 dibulatkan ke nol. Sedangkan angka per-sepuluhan (desimal) lebih atau sama dengan 0,5 di- bulatkan ke satu.29, 4 29 + 0 = 29kurang dari 5dibulatkan menjadi 023, 7 23 + 1 = 24lebih dari 5dibulatkan menjadi 1Angka 53 lebih dekat ke 50daripada ke 60.Berarti 53 dibulatkan menjadi50.Angka 79 lebih dekat ke 80daripada ke 70.Berarti 79 dibulatkan menjadi80.Berarti 79 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 80. Langkah kedua, jumlahkan hasilpembulatan dari kedua bilangan.50 + 80 = 130
  • 6. Jadi, taksiran ke puluhan terdekat dari 53 + 79 adalah130.Ditulis 53 + 79 = 130.dibaca kira-kira, merupa- kan tanda yang menyatakan hasil perkiraan dari prosespenghitungan.b. Tentukan taksiran ke ratusan terdekat dari 599 – 222Langkah pertama, bulatkan setiap bilangan ke ratusan terdekat.Perhatikan angka puluhannya. Jika puluhannya kurang dari 50 dibulatkan ke nol. Jikapuluhannya lebih dari 50 dibulatkan ke 100.599500 + 100 = 600Angka 99 lebih dari 50 maka99 dibulatkan menjadi 100.dibulatkan menjadiAngka 22 kurang dari 50 maka22 dibulatkan menjadi 0.222200 + 0 = 200dibulatkan menjadiLangkah kedua, kurangkan hasil pembulatan dari kedua bilangan 600 – 200 = 400.Jadi, taksiran ke ratusan terdekat dari 599 – 222adalah 400.Ditulis 599 – 222 = 400.Menaksir Hasil Kali dan Hasil BagiCara menaksir hasil kali atau hasil bagi dua bilangan yaitu dengan membulatkan keduabilangan kemudian hasil pembulatan dari kedua bilangan tersebut dikali atau dibagi.Banyak kelompok yang ikut gerak jalan 18 tim. Setiap tim beranggotakan21 anak.Berapa kira-kira jumlah anak yang ikut gerak jalan?Lambang taksiran yaitu ?. Misalnya 21 × 29 = 20 × 30= 600Dibaca dua puluh satu kali dua puluh sembilan kira-kira enam ratus.
  • 7. 10 Bilangan BulatAngka 8 lebih dari 5. Angka 8 dibulatkan ke 10.Jadi, angka 18 dibulatkan keBanyak tim = 18dibulatkan 20.puluhan terdekat menjadi 20. Angka kurang dari 5.Banyaknya anggota setiap tim = 21dibulatkan 20.Angka 1 dibulatkan ke 0.Taksiran jumlah siswa = 20 × 20 = 400.Jadi, jumlah anak yang ikut gerak jalan kira-kira ada 400.Apabila hasil perkaliannya dibulatkan, diperoleh hasil berikut.18 × 21 = 378 (hasil sebenarnya) Pembulatan ke puluhan terdekat:378 = 370 + 10 = 380dibulatkan menjadiJadi, angka 21 dibulatkan kepuluhan terdekat menjadi 20.Angka 8 lebih dari 5.Angka 8 dibulatkan menjadi10.378 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 380. Jadi, 18 × 21 = 380.Pembulatan ke ratusan terdekat:378 = 300 + 100 = 400dibulatkan menjadiAngka 78 lebih dari 50. Angka 78 dibulatkan menjadi100.378 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 400. Jadi, 18 × 21 = 400.Apabila panitia menyediakan minuman sebanyak 576 botol untuk peserta gerak jalan, kira-kira berapa botol minuman yang didapatkan setiap tim?Permasalahan di atas diselesaikan dengan menaksir. Begini penyelesaiannya.Banyak minuman yang didapatkan setiap tim:576 : 18576 = 500 + 100 = 600
  • 8. dibulatkan menjadi576 : 18 = 600 : 20= 3018 = 10 + 10 = 20dibulatkan menjadiDiperoleh 600 : 20 = 30.Jadi, banyak minuman yang didapatkan setiap tim kira- kira 30 botol.Secara umum, cara menaksir hasil kali dan hasil bagi sebagai berikut.1. Bulatkan bilangan-bilangan yang dioperasikan.2. Kalikan atau bagilah bilangan-bilangan yang dibulatkan itu.Download selengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar